Monday 4 March 2019

Install Aplikasi Dapodik Versi 2019.c di Windows 7

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Selamat datang dan terimakasih atas kunjungan Anda ke Blog Kami (Wanasuper), pada kesempatan kali ini Kami akan berbagi pengalaman mengenai atau syarat install Aplikasi Dapodik Versi 2019.c di Sistem Operasi Windows 7, baik yang berarsitektur 32bit maupun 64bit.

Pembaruan Aplikasi Dapodik pada versi 2019.c ini memang sangat berbeda dengan versi Aplikasi Dapodik sebelumnya, pada versi 2019.c ini banyak sekali rekan-rekan Operator Sekolah yang mengalami gagal install/error di tengah jalan pada saat proses instalasi Aplikasi Dapodik Versi 2019.c ini, terutama bagi rekan-rekan Operator Sekolah yang Laptopnya masih menggunakan Sistem Operasi Windows7.

Banyak yang langsung menginstall ulang Lapotop mereka dengan Sistem Operasi yang terbaru (Windows 10), tidak sedikit juga yang mengganti Laptop dari spek sebelumnya ke spek yang lebih baru. Namun jika memang rekan-rekan Operator Sekolah tidak bisa mengganti Laptop atau masih tetap ingin menggunakan Sistem Operasi Windows 7 sebenarnya ada solusinya, yaitu dengan cara memodifikasi Sistem Operasi Win 7 yang sudah terinstall di Laptop masing-masing. Modifikasi tersebut adalah dengan cara mengupdate ke edisi Service Pack 1 (SP1). 

Coba rekan-rekan Operator Sekolah lihat pada gambar di bawah ini :



Gambar di atas merupakan tampilan dari system properties Window7 yang Kami gunakan, dan perhatikan pada teks yang Kami beri tanda merah, tertulis Service Pack1, jika pada Sistem Operasi Windows 7 yang rekan-rekan Operator Sekolah gunakan sudah terdapat tulisan seperti yang Kami beri tanda merah (pada gambar di atas) seharusnya tidak akan mengalami masalah pada saat menginstall Aplikasi Dapodik Versi 2019.c ini. Karena Kami sendiri tidak mengalami masalah pada saat menginstall Aplikasi Dapodik Versi 2019.c di Laptop Kami (terinstall OS Win7 SP1).

Namun jika memang Sistem Operasi Windows 7 yang rekan-rekan Operator Sekolah belum terdapat keterangan Service Pack 1, rekan-rekan Operator Sekolah dapat mengupdatenya. Langkah pertama yang harus rekan-rekan Operator Sekolah lakukan adalah mendownload file Update Service Pack1 Windows 7 tersebut, bisa rekan-rekan Operator Sekolah download melalui link di bawah ini :

==============================================

Cek terlebih dahulu OS Win 7 yang rekan-rekan Operator Sekolah gunakan, apah berarsitektur 32bit atau 64bit. Kemudian download sesuai dengan arsitektur OS Windows 7nya.

Demikian mengenai Cara Install Aplikasi Dapodik Versi 2019.c di Sistem Operasi Windows 7, semoga apa yang telah kami sampaikan bisa bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan beri komentar, dan terimakasih atas kunjungannya